PRAJURIT KRATON YOGYAKARTA

Uniknya Yogyakarta


Setelah Sultan HB X dan Paku Alam IX dilantik pada tanggal 10 Oktober 2012 lalu, resmilah Yogyakarta menjadi "Daerah Istimewa" setingkat Provinsi (bukan Provinsi) setelah RUU Keistimewaan disyahkan beberapa hari sebelumnya menjadi UU. Selain sebagai kota budaya yang memiliki ciri khas yang tak terlupa, ternyata Jogja juga menyimpan keunikan lain yang mungkin belum pernah terbesit di kepala kita. Ini dia kumpulan fakta – fakta dari kota Jogja
  1. Kota Jogja memiliki nama lain terbanyak. Nama-nama itu adalah Jogja , Yogya , Jogjakarta , Yogyakarta , Djogja , Ngayogyakarta , Ngayogyakarta Hadiningrat , Yoja/Yojo .
  2. Satu – satunya nama kota yang dapat dipotong/dipenggal . Yogyakarta > Yogya                      Jogjakarta > Jogja
  3. Kota dengan sebutan terbanyak di Indonesia, seperti: Kota Perjuangan, Kota Gudeg , Kota Pendidikan , Kota Budaya , Kota Seniman , Kota Pariwisata, Kota Bakpia .
  4. Salah satu provinsi yang pernah menjadi ibu kota Indonesia sebelum dipindahkan lagi ke Bukittinggi dan Jakarta . 
  5. Tempat kelahiran organisasi Islam Modern terbesar di Indonesia, Muhammadiyah .
  6. Tugu jogja adalah salah satu landmark Jogja , padahal bentuk aslinya bukan seperti itu . Tugu asli itu bernama tugu GOLOG GILIG , yang rusak karena gempa kemudian direnovasi menjadi seperti bentuk sekarang .
  7. Walaupun ibukota di Jakarta , di kota ini terdapat istana presiden , tepatnya di Jalan Ahmad Yani Yogyakarta.
  8. Karena Keistimewaan Yogyakarta tidak ada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dimana Gubernur dan wakilnya langsung bertanggung jawab kepada Presiden dan dilantik/ditetapkan oleh Presiden bukan Mendagri tiap 5 tahun sekali.

Komentar